Sejarah Fatihul Ulum Daerah C

Sejarah

Fatihul Ulum Daerah C merupakan bagian dari Fatihul Ulum Manggisan dan merupakan daerah termuda yang dibangun oleh Fatihul Ulum. Pengasuh kedua yang memprakarsai pembangunan daerah ini. Gedung awal dibangun sekitar tahun 1990 dan bertempat di tempat yang sekarang ditempati oleh Pondok Putri. Baru pada tahun 1992-1993 Fatihul Ulum Daerah C berpindah ke tempat yang ada sekarang. Dan pada tahun 2000 dibangun kembali gedung berlantai dua. Gedung terbaru dibangun pada tahun 2013.

Sejarah Fatihul Ulum Daerah C

Pendidikan

Daerah ini dibangun untuk menampung santri yang hendak mencari ilmu agama dan ilmu umum (Bukan Ijazah ya!). Pada awalnya santri yang mondok di sini harus bersekolah di luar pesantren karena memang pesantren tidak bisa menyediakan-nya, pesantren pada masa itu hanya menyediakan pendidikan agama. Barulah pada tahun 2007, ya 2007! daerah ini menyediakan gedung sekolah sehingga para santri tidak perlu lagi, bahkan tidak boleh, bersekolah ke luar pesantren. Memang FUDC telat mengembangkan ilmu umum, karena itu daerah ini menggenjot ketertinggalannya yakni agresif mengembangkan ilmu umum, khususnya ilmu matematika – yang merupakan kegemaran Newton dan juga Muhammad bin Musa al-Khwarizmi (al-Jabr) – dan komputer. Untuk itu semenjak tahun 2011 daerah ini rutin mengadakan olimpiade matematika di akhir tahun yang pemenangnya mendapatkan 1 unit komputer dan para peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

Kritik

Karena para santri harus belajar dua hal sekaligus? Banyak para pengkritik yang mengatakan bahwa Fatihul Ulum Daerah C ini sangat lemah dalam ilmu agama. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena ada beberapa santri dari daerah ini yang berprestasi di bidang agama. Kemerosotan pastilah ada, cuman itu tidak sebanding dengan kenaikan yang dicapai dalam ilmu umum. Semoga Fatihul Ulum Daerah C bisa melahirkan ilmuwan-ilmuwan islam yang telah lama tidak lahir, yang bisa mengharumkan islam baik di mata orang muslim ataupun non muslim. Karena di era ini kita tidak pernah mendengar ilmuwan muslim, yang sering kami dengar adalah ilmuwan non muslim. Mereka sangatlah superior dan kita hanyalah kaum pemakai bukan pengembang apalagi penemu.

Baca Juga:  Ini Masih Awal Perjuangan Pendidikan!

Prestasi

Sampai ini ditulis (2014) santri dari Fatihul Ulum Daerah C tidak mempunyai prestasi yang bisa dibanggakan. Yang tertinggi adalah menjadi juara dua dalam olimpiade bahasa inggris dan Matematika tingkat KKM untuk tingkat MA. Memang pendidikan membutuhkan waktu yang tidak pendek dan menurut saya Fatihul Ulum Daerah C sudah berada di jalur yang benar. Bukankah begitu?

Sumber: FUDC

Leave a Reply