SATU HARI di sisi Allah adalah 1.000 atau 50.000 tahun ?

SATU HARI disisi Allah adalah 1.000 Atau 50.000 TAHUN

Pertanyaan:

Sebuah ayat tertentu dari Al-Qur’an mengatakan bahwa satu hari di sisi Allah adalah sama dengan 1000 tahun. Dalam ayat lain dari Al Qur’an itu mengatakan bahwa satu hari sama dengan 50.000 tahun. Bukankah Al-Qur’an bertentangan itu sendiri?SATU HARI di sisi Allah adalah 1.000 atau 50.000 tahun ?

Menjawab:

1. Waktu Allah tak tertandingi waktu duniawi

Al-Qur’an mengatakan dalam dua ayat, (22:47 dan 32: 5), bahwa ukuran satu hari di sisi Allah adalah sama dengan 1.000 tahun perhitungan kami. Dalam ayat lain (70: 4) mengatakan bahwa ukuran satu hari di sisi Allah adalah sama dengan 50.000 tahun perhitungan kami.

Ayat-ayat ini secara umum berarti bahwa saat Allah (swt) tak sebanding dengan waktu duniawi. Contoh-contoh yang diberikan adalah dari seribu tahun dan lima puluh ribu tahun dari waktu duniawi. Dengan kata lain ribuan tahun atau waktu yang sangat,sangat lama dari bumi satu hari di sisi Allah adalah sederajat.

2. Yaum juga berarti Periode/masa

Kata Arab yang digunakan di semua tiga ayat ini adalah yaum, yang selain berarti sehari juga berarti waktu yang lama, atau zaman. Jika Anda menerjemahkan kata yaum dengan benar sebagai ‘periode’ disana tidak akan ada kebingungan.

a) ayat dari Surah Haji berbunyi sebagai:

“Namun mereka meminta kepadamu supaya disegerakan azab! tetapi Allah tidak akan gagal/mengingkari dalam janji-Nya. Sesungguhnya sehari di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu “.
[Al-Qur’an 22:47]

Ketika orang-orang kafir diminta untuk mempercepat hukuman Qur’an mengatakan Allah tidak akan gagal dalam janji-Nya. Sesungguhnya periode di sisi Allah adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu.

b) Ayat dari Surah Al-Sajdah mengatakan:

Baca Juga:  Mengapa Makan Daging Babi Dilarang dalam Islam?

“Dia memerintah (semua) urusan dari langit ke bumi: pada akhirnya akan (semua urusan) naik? Kepada-Nya, pada suatu hari, ruang yang kadarnya akan (seperti) seribu tahun menurut perhitunganmu “.
[Al-Qur’an 32: 5]

Ayat ini menunjukkan bahwa jangka waktu yang diperlukan untuk semua urusan naik kepada Allah (swt), adalah seribu tahun perhitungan kami.

c) Sebuah ayat dari Surah Surah Al-Ma’arij mengatakan:

“Para malaikat dan roh naik kepada-Nya dalam sehari ukuran kadarnya adalah (seperti) lima puluh ribu tahun”.

[Al-Qur’an 70: 4]

Ayat ini berarti bahwa periode yang diperlukan untuk malaikat dan roh-roh untuk naik kepada Allah (swt) adalah lima puluh ribu tahun.

d) Periode untuk dua tindakan yang berbeda tidak perlu sama. Misalnya periode yang diperlukan bagi saya untuk melakukan perjalanan ke tujuan ‘A’ mengatakan Vashi adalah satu jam dan periode yang dibutuhkan bagi saya untuk melakukan perjalanan ke tujuan ‘B’ yaitu Kashmir adalah 50 jam. Ini tidak menunjukkan bahwa saya membuat dua pernyataan yang bertentangan.

Dengan demikian ayat-ayat Al-Qur’an tidak hanya tidak bertentangan satu sama lain, mereka juga selaras dengan fakta ilmiah modern.

Leave a Reply