Makna dari Awal surat-surat Al-qur’an seperti Alif,Lam,Mim

MAKNA DARI ALIF LAM MIM
Pertanyaan :

Mengapa Surah tertentu dalam Alquran dimulai dengan Alif Lam Mim, ‘Haa Mim, Yaa seen dan apa Makna dari istilah atau frase seperti itu?Makna dari Awal surat-surat Al-qur'an seperti Alif,Lam,Mim

Menjawab:
1.Surat yang disingkat

Alif Lam Mim, Yasin, Ha-mim, dll dikenal sebagai Al-Muqatta’at i.s. huruf disingkat. Ada 29 huruf dalam alfabet Arab (jika hamza dan alif dianggap sebagai dua huruf) dan ada 29 surah yaitu bab dalam Alquran yang memiliki surat-surat disingkat diawali dengan mereka. Surat-surat yang disingkat beberapa kali terjadi saja, kadang-kadang dalam kombinasi dua huruf dan kadang-kadang dalam kombinasi tiga, empat atau lima huruf.

a. Tiga surah yang pra-tetap dengan hanya satu huruf:

i. Surah Sad pasal 38 dengan Sad
ii. Surah Qaaf pasal 50 dengan Qaf
iii. Surah Nun atau Qalam pasal 68 dengan Nun

b. Kombinasi dari dua huruf terjadi pada 10 surah:

Tiga di antaranya terjadi hanya sekali:

i. Surah Ta Ha pasal 20 yakni Tha Ha
ii. Surah Al Naml dimulai dengan pasal 27 yakni Tho seen
iii. Surah Ya Seen Bab 36 yakni Ya Seen

Ha Mim terjadi di tujuh Surah berturut-turut dari Surah 40 sampai Surah 46:

i. Surah Ghafir atau Al-Mu’min pasal 40
ii. Surah Fussilat atau Ha Mim Bab 41
iii. Surah Al Shura bab 42
iv. Surah Al Zukhruf Bab 43
v. Surah Al Dukhan Bab 44
vi. Surah Al Jatsiyah bab 45
vii Surah Al Ahqaf Bab 46

c. Ada tiga kombinasi dari tiga huruf masing-masing terjadi di 13 surah.

Alif Lam Mim terjadi dalam enam surah

i. Surah Al Baqarah Bab 2
ii. Surah Ali ‘Imran Bab 3
iii. Surah Al ‘Ankabut bab 29
iv. Surah Al Rum pasal 30
v. Surah Luqman Bab 31
vi. Surah Al Sajdah Bab 32

Baca Juga:  YESUS (As) TIDAK MATI

Alif Laam Ra terjadi dalam lima surah:

i. Surah Yunus pasal 10
ii. Surah Hud pasal 11
iii. Surah Yusuf pasal 12
iv. Surah Ibrahim pasal 14
v. Surah Al Hijr Bab 15

Ta seen Meem terjadi di dua Surah:

i. Surah Al-Syura Bab 26
ii. Surah Al-Qashash pasal 28

d. Kombinasi dari empat huruf terjadi dua kali:

i. Surah Aaraf Bab 7: Alif Lam Mim Sad
ii. Surah Al Rad pasal 13: Alif Lam Mim Ra

e. Kombinasi dari lima huruf terjadi dua kali:

i. Surah Maryam pasal 19 dimulai dengan Kaf Ha Ya Ain Sad
ii. Surah Al-Syura Bab 42 dimulai dengan Ha Mim Ain Sin Qaf Surah Al-Syura pasal 42 memiliki kombinasi ganda dari huruf disingkat satu set dari dua huruf diikuti oleh satu set dari tiga huruf.

2. Makna dari huruf yang disingkat

Arti dan tujuan dari surat-surat ini tidak pasti. Ada berbagai penjelasan yang ditawarkan oleh para sarjana Muslim selama berabad-abad. Beberapa di antara mereka adalah:

i. Surat-surat ini mungkin singkatan untuk kalimat tertentu dan kata-kata misalnya, Alif Lam Mim berarti Ana-Alahu -a’Laam atau Nun berarti Nur (cahaya), dll

ii. Surat-surat ini tidak ada singkatan tetapi simbol dan nama Allah atau sesuatu yang lain.

iii. Surat-surat ini digunakan untuk berima/bersajak.

iv. Surat-surat ini memiliki beberapa arti numerik sebagai huruf Semit juga memiliki nilai-nilai numerik.

v. Surat-surat ini digunakan untuk menarik perhatian Nabi (dan kemudian pendengarnya).

Beberapa buku telah ditulis tentang pentingnya singkatan ini.

3. Penjelasan Terbaik surat yang disingkat:

Dari semua penjelasan yang diberikan oleh berbagai akademisi, satu yang otentik dan juga didukung oleh Tafsir dari Ibnu-Kathir, Zamakshari dan Ibne-Taiymiyah adalah sebagai berikut:

Tubuh manusia terdiri dari berbagai unsur mendasar yang ditemukan di alam. Liat dan debu terdiri dari unsur-unsur dasar yang sama. Namun itu akan masuk akal untuk mengatakan bahwa manusia adalah sama persis dengan debu.

Baca Juga:  Apa yang akan wanita miliki ketika dia masuk surga?

Kita semua dapat memiliki akses ke elemen yang ditemukan dalam tubuh manusia, dan menambahkan beberapa galon air, yang merupakan konstitusi dari tubuh manusia. Kita tahu unsur-unsur di dalam tubuh manusia dan belum kita bingung ketika ditanya rahasia kehidupan.

Demikian pula Al-Qur’an mengalamatkan orang-orang yang menolak otoritas Ilahi-nya. Ia memberitahu mereka bahwa Al-Qur’an ini, adalah dalam bahasa Anda sendiri, dan di mana orang-orang Arab bangga. Hal ini terdiri dari surat-surat yang sama bahwa orang-orang Arab yang digunakan untuk mengekspresikan diri paling fasih.

Orang-orang Arab yang sangat bangga bahasa mereka dan Arab berada di puncaknya ketika Al Qur’an diturunkan. Dengan huruf Alif Lam Mim, Yaa Sin, Ha-Mim, dll, (di Engllish kita akan mengatakan A, B, C, D) Al-Qur’an menantang manusia untuk menghasilkan Surah setidaknya agak mirip dengan Al-Qur’an dalam keindahan dan keanggunan, jika mereka meragukan keasliannya.

pada awalnya, Al-Qur’an menantang semua orang dan jin untuk menghasilkan resital seperti Alquran dan menambahkan bahwa mereka tidak akan mampu melakukannya bahkan jika mereka didukung sama lain. Tantangan ini disebutkan dalam Surah Isra pasal 17 ayat 88 dan dalam Surah Tur pasal 52 ayat 34.

Kemudian Al-Qur’an mengulangi tantangan dalam Surah Hud pasal 11 ayat 13 dengan mengatakan hasil sepuluh surah seperti itu dan kemudian dalam Surah Yunus pasal 10 ayat 38 menghasilkan satu surah seperti itu dan akhirnya tantangan paling mudah diberikan dalam Surah Al-Baqarah Bab 2 ayat 23 dan 24.

“Dan jika kamu dalam keraguan tentang apa yang Kami wahyukan dari waktu ke waktu untuk hamba Kami, kemudian menghasilkan Surah seperti tambahan lagi, dan memanggil saksi atau pembantu (jika ada) selain Allah jika keraguan Anda benar.

Baca Juga:  IBLIS; Malaikat atau Jin ?

Tetapi jika kamu tidak bisa – dan dari kamu penjamin tidak bisa – maka takutlah dari api yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu – yang disiapkan untuk orang-orang kafir “[Al-Qur’an 2: 23-24].

Untuk membandingkan skill dua seniman, mereka harus diberi sampel/contoh dari bahan baku yang sama dan kinerja mereka dievaluasi dalam melakukan tugas yang sama. Jika mereka penjahit, mereka harus disediakan dengan kain yang sama. Bahan baku dari bahasa Arab yang surat-surat ini Alif Lam Mim, Ya Sin (dalam bahasa Inggris itu adalah A, B, C, D, dll) Sifat ajaib dari bahasa Al-Qur’an tidak terletak hanya pada kenyataan bahwa itu adalah Firman Allah, tetapi juga pada kenyataan bahwa meskipun terdiri dari huruf yang sama di mana orang-orang Arab pagan bangga, belum disaingi.

Orang-orang Arab yang terkenal karena kemampuan retorika mereka, kefasihan dan ekspresi bermakna. Sama seperti konstituen dari tubuh manusia yang kita kenal dan dapat diperoleh oleh kami, huruf yang terdiri dari Al-Qur’an, seperti Alif Lam Mim kita kenal, dan sering digunakan untuk merumuskan kata-kata. Hidup tidak dapat dibuat oleh kami, bahkan jika kita memiliki pengetahuan dari konstituen dari tubuh manusia. Demikian pula kita tidak bisa menangkap kefasihan yang sama dan keindahan ekspresi yang kita temukan dalam Al-Qur’an, meskipun tahu huruf yang membentuk Al Quran. Al-Qur’an dengan demikian membuktikan asal Ilahi-nya.

4. Kualitas Ajaib dari Qur’an disebutkan segera setelah surat-surat yang rusak

Oleh karena itu segera setelah surat-surat yang rusak disebutkan dalam Al-Qur’an, ayat-ayat berikut berbicara tentang keajaiban Alquran, dan kewenangannya
misalnya dalam Surah Baqarah Bab 2 ayat 1-2:
“Alif Lam Mim.
Ini adalah Kitab; di dalamnya adalah bimbingan yakin, tanpa diragukan lagi, bagi mereka yang bertakwa. ”
[Al-Qur’an 2: 1-2]

One Response

  1. hamba Allah June 17, 2018

Leave a Reply