Ujian Nasional Berintegritas di Jember

Ujian Nasional Berintegritas di Jember

Penghargaan Sekolah dengan Indeks integritas tinggi dalam Ujian Nasional 2015 yang diserahkan Bupati Jember, dr.Faida kepada sejumlah sekolah yang memiliki tingkat kejujuran serta sportifitas yang tinggi di dominasi sekolah pinggiran. Hampir 90% penghargaan diterima sekolah yang kategorinya tergolong sekolah non unggulan.

“ Penghargaan ini sebagai salah satu motivasi kepada kepala sekolah yang belum menerima penghargaan integritas , terutama sekolah negeri di wilayah kota untuk lebih semangat lagi dalam menanamkan sikap jujur kepada anak didiknya,”ungkapnya.

Sebagai reward, bupati berencana memberikan bantuan dana pendidikan kepada sekolah-sekolah yang mendapatkan penghargaan integritas tinggi yang diambilkan dari dana APBD. Selama ini belum pernah ada dana bantuan yang diberikan kepada sekolah yang memiliki integritas tinggi.

“Dalam proses perubahan Jember kedepan, tidak saja bangunan fisik yang perlu dibangun,pembangunan mental serta sumber daya manusia sangat penting dibangun, agar bisa membangun Jember. Saya sudah berkoordinasi dengan jajaran dinas pendidikan kabupaten Jember untuk mengalihkan anggaran APBD guna kepentingan peningkatan integritas di masing-masing sekolah.Selain itu, jumlah angka buta huruf di kabupaten Jember nomer satu se jawa Timur, belum lagi angka putus sekolah SMP yang tinggi. Perlu adanya peningkatan sumber daya manusia,”ujarnya.

Atas Kejujuran Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2015

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia I Memberikan Piagam Penghargaan kepada 94 Sekolah tingkat SMP/MTS dan 6 SMA/MA Serta 29 SMK di Jember atas Kejujuran Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2015.
Adapun jumlah semua sekolah tingkat SMA/MA di jember yaitu sebanyak 176. Dan hanya inilah daftar 6 SMA/MA yang berintegritas se-kabupaten jember sebagai berikut :

1. SMA NEGERI 1 JEMBER
2. MA AL-FIRDAUS
3. MA IRSYADUN NASY
4. MA FATIHUL ULUM AL-MAHFUD
5. SMA NEGERI 4 JEMBER
6. MA ASSUNNIYAH KENCONG

Baca Juga:  Saat Emosi

Dari jumlah sekolah berintegritas tingkat SMA/MA di jember, MA FATIHUL ULUM AL-MAHFUD menyisihkan 172 sekolah di jember.
Adalah sebuah kebanggaan bagi MA fatihul ulum Al-mahfud yang sudah mandapatkan piagam penghargaan sekolah dengan Indeks integritas penyelenggaraan ujian nasional yang tinggi pada tahun 2015 dengan IIUN: 82.12.

Ratusan sekolah tersebut memiliki Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) tinggi.
Dalam waktu beberapa bulan lagi siswa – siswa akan menjalani Ujian Nasional tahun 2016. Dan diharapkan dalam pelaksanaan UN para siswa tetap mengutamakan kejujuran.

“ Prestasi belajar penting namun integritas dan kejujuran adalah mutlak. Keduanya harus ditumbuhkembangkan dalam lingkungan pendidikan di Jember. Revolusi mental akan tercapai bila kejujuran disemai di dunia pendidikan,” kata Bupati perempuan pertama di Kabupaten Jember ini.

Menurut Bupati Jember dr Faida, Piagam penghargaan ini akan diserahkan ke masing-masing sekolah secara bersamaan oleh Bupati Jember. Nantinya piagam penghargaan tersebut hendaknya dipasang di serambi sekolah.

Ditambahkan Bupati, penghargaan ini sekaligus membawa pesan dan harapan agar semua sekolah dapat terus menumbuhkembangkan dan meningkatkan integritas di lingkungan sekolah dan mendorong orang tua untuk ikut peduli terhadap kejujuran dan integritas putra-putrinya.

“ Prestasi belajar penting namun integritas dan kejujuran adalah mutlak. Mari Berani Jujur dan berintegritas,” harap Bupati Jember dr Faida.

Leave a Reply