Hobi; Mem Baca dan Manfaatnya

Hobi; Mem Baca dan Manfaatnyamanggisan.org fatihul ulum- Hidup kadang kala terasa cukup rumit sesekali waktu, dan membuat kita yang menjalaninya terasa butuh untuk melakukan hal lain (baca : Hobi ) yang bisa sekedar menjadi penghibur diri.

Banyak yang bisa dilakukan untuk menghibur diri, yang mungkin bisa dikatakan dalam kondisi apapun, seseroang bisa membuat hiburan untuk dirinya. Bahkan penjarapun tidak bisa membuat seseorang terkungkung jika masih ada sesuatu yang bisa menghiburnya. Bahkan ada ungkapan dari pahlawan kita bung hatta yang katanya ‘’aku rela dipenjara asal bersama buku’’. Rupanya buku menjadi hiburan yang bisa menghibur dirinya.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk menghibur diri itu, maksudnya hobi; hobi dapat membuat seseorang melakukan apapun yang disenanginya tanpa ada rasa capek lelah yang bakal menderanya saat melakukan maupun saat menyelesaikannya.

Yoga, meditasi, traveling, belanja, menulis, membaca dll bisa menjadi pilihan untuk membuat kita terhibur. Namun ada yang bisa menjadi hiburan sekaligus menguntungkan untuk diri sendiri kedepannya. Biayanyapun tidak sebesar lainnya, da nada dua keuntungan juga saat kita melakukan itu:

Apakah itu…… yaitu membaca yang nantinya akan menghasilkan tulisan yang apik. Juga ada seabrek manfaat yang lainnya. Brikut daftar manfaat yang bakalan diperoleh saat melakukan kegiatan murah meriah sekaligus membahagiakan itu.

@Cukup Murah: bisa dibilang hobi itu masih tergolong murah, bahkan kalau orangnya cerdik dikit bisa-bisa gratis. Dengan memakai ebook  dan download file pdf yang banyak bertebaran di internet (jin Google siap melayani ‘’aladdin jin’’), Rasanya akan sulit untuk dihabiskan dengan dibaca. Hamper buku apa saja ada di internet.

Bisa di bilang cukup ramah kantong juga dibandingkan hobi yang lainnya, bayangin kalau milih traveling; yang kudu nyiapkan tiket, kamera, saku dll yang kadang malah keluar taksiran budget kantong. Beda jauh tentu dengan hobi baca itu.

Baca Juga:  Menyikapi Musibah dengan Bijaksana

 

@Kapanpun Dimanapun Bisa : mau hujan, panas, ramai, sepi. Kita bisa melakukan aktifitas baca itu. Bahkan saat bokerpun bisa (asal bukan buku keagamaan). Sangat tidak tergantung dengan waktu memang kalau kita sudah berhasil membuat hobi baca itu benar-benar merasuk diri. Bandingkan dengan hobi belanja misalnya; kita harus menghitung-hitung budget yang kudu dikeluarkan. Belum lagi masih nunggu akhir bulan karena nunggu gajian. Kadang masih nunggu-nunggu diskon pula. Kadang, saat list blanja sudah terpenuhi, malah ketemu sama barang yang sangat diinginkan dan membuat rogohan kantong makin dalam untuk memenuhinya.

@Tak Mungkin Kehabisan Buku, nah ini juga yang bikin asyik. Tidak bakal kehabisan!. Akan ada saja yang bisa dibaca baik yang berupa elektronik book atau hardbook.

Pengarang-pengarang akan selalu ada, dan hamper selalu siap untuk menelorkan karya-karyanya demi para hobiis baca itu. Gak aka nada critanya ‘’out of stock’’ dalam hal bacaan buku. Malahan lebih banyak diskon untuk buku-buku edisi tertentu yang itu juga bisa di jadikan bahan hobi baca

 

@ Banyak Mendapatkan Pengetahuan. Orang-orang besar saat ini biasanya mereka adalah pembaca-pembaca yang aktif, bahkan sudah menjadi bagian dan obsesi mereka.

Warren Buffet, berlangganan lima korang perhari yang kata dia dibacanya sepenuhnya. saat warren kedisney bersama keluarganya untuk liburan, ternyata warren buffet malah duduk-duduk sambil memangku sebuah buku besar. Membaca benar benar sudah menjadi bagiannya. Begitu pula dengan Elon Musk sang ‘iron man’, yang tiap hari menghabiskan dua buku. Bayangin betapa frustasinya seorang pengusaha sukses yang tidak memiliki hobi membaca saat harus menghadapi kertas-kertas laporan mereka yang seabrek itu. . .!

Membaca bisa dibilang transfer pengetahuan tentang pengalaman orang lain. Merasakan perjalanan seseorang dan bagaimana perasaan mereka saat itu, bisa menjadi modal pengetahuan pem baca nya.

Baca Juga:  "Pilih AKU Atau IBU MU"

@Serasa Pergi ke Dimensi Lain, membaca bisa memantik imajinasi pembaca, rasa di bawa pada pengalaman tertentu memiliki sudut pendang tertentu memang patut untuk dihargai. Kalau sudah imajinasi terbawa oleh bahan bacaan rasanya itu sudah tidak ada yang diperlukan lagi kecuali tetap tinggal di alam ‘imajinasi’ itu. Yang taka da batas dan waktu yang bisa menghalangi.

 

@Menjadikan Diri Menjadi Lebih Bijak, mungkin ini dipengarungi oleh sudut pandang yang biasanya dipaparkan secara gambang dan mudah di cerna oleh penulisnya. Menjadikan rata-rata para pembaca itu lebih bijak ketimbang yang lain.

Bahan bacaan yang baik bisa membawa seseorang pada perspektif berbeda dari memandang tiap masalah yang dihadapi. Keluar dari bentuk pakem biasanya ketika seseorang pembaca mengamati sesuatu disekitarnya.

@Menjadi Orang Yang Menyenangkan; hasil ini bisa diamati dengan teman-teman sekitar kita yang sangat hobi membaca, mereka begitu menyenangkan dan saat berbicara dengan mereka rasanya tuh gak pernah cukup kalau hanya lima jam-an. Ada saja pendapat mereka yang menjadikan kita terasa tercerahkan oleh pandangannya.

Cara menyampaikannyapun terbilang apik dengan berbagai kosakota yang cukup menenangkan untuk didengarkan. Akan ada saja sisi-sisi positif dari sudut pandang mereka.

Bandingkan dengan teman yang lain yang kosa-katanya terbatas, bisanya hanya misuh sana misuh sini, saat bersama mereka, cara menyampaikannyapun terkesan di ulur-ulur bak jalan siput, hingga cukup membuat frustasi pendengar disekitarnya.

 

So. . . ambil bukumu dan bacalah. . . .!!!

 

Penulis : pengurus pondok pesantren fatihul ulum manggisan tanggul, yg saat ini masih ada di fatihul ulum dan masih terus berusaha untuk ber khidmad di fatihul ulum demi fatihul ulum yang lebih baik kedepannya *drama

Baca Juga:  Arti Pengorbanan

NB: mungkin ada penambahan manfaat baca, bisa agan tulis di kolom coment.

Leave a Reply