Busana Terindah Sepanjang Zaman

Manggisan.org – Busana Terindah Sepanjang Zaman

Dari waktu kewaktu perubahan semakin pesat, mulai dari teknologi, kuliner, hingga busanapun beragam jenisnya berdasarkan zaman yang mengiringi seperti; busana ala Korea, Amerika dan masih banyak lagi jenis busana manca negara lainnya. Berbusana sangatlah perlu meskipun busana bukanlah kebutuhan pokok, tetapi berbusana haruslah terpenuhi. Busana secara global sesuatu pakaian yang melekat pada tubuh seseorang, yang mana dapat menggambarkan karakteristik pemakainya. Dalam Islam, busana suatu pakaian yang melekat tentu harus menutupi Aurat seorang muslim yang mengenakannya. Baik pakaian atau busana mewah (modern) maupun busana sederhana.Busana Terindah Sepanjang Zaman

Busana modern tentu sangat unik. Sebagaian besar konsumen menyukai barang modern selain barang sandang tersebut unik akan model zaman kini, dengan bahan terbaru  menyajikan kenyaman tubuh saat memakainya. Jika difikir lebih logis kenyamanan konsumen akan busana modern tidaklah terjamin. Busana pada zaman modern lebih mengutamakan daya tarik indra penglihatan saja, dibandingkan kenyamanan bagi konsumennya.  Bagaimana tidak? ,, Jika busana tidak cukup menarik ketika dipandang pastilah seseorang enggan membelinya. Jangankan membeli menyentuh saja terkadang tak berminat. Mungkin dari faktor warna atau corak yang kurang mencolok , sehingga kurangnya ketertarikan dihati konsumen. Zaman modern tak hanya menyajikan  teknologi modern, melainkan juga melahirkan busana yang tak tentu hukumnya dalam agama Islam jika dikenakan. Sebenarnya berbusana tidaklah harus mewah, sederhanapun sudah cukup asalkan dapat menutupi aurat pemakainya.

Sebagian besar kalangan masyarakat terutama kaum wanita dalam berbusana dapat menyebabkan isrof (berlebihan) yang sangat tidak dianjurkan dalam Islam. Allahpun sangat tidak menyukai perkara isrof.

Sebagaimana Firman-Nya dalam al-Qur’an “Hai orang-orang yang beriman jangan kamu haramkan Apa-apa yang baik yang telah Allah halalkan bagi kamu. Dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas” ( QS: Al-Maidah ayat 87 )

Busana indah bukanlah busana mewah dipenuhi pernak-pernik yang menghiasi, warna elok dapat menarik setiap pasang sorot mata yang memandang seakan ingin memilikinya, bukanlah busana yang ketika dikenakan dapat menampakkan bentuk lekuk tubuh si pemakai, juga bukanlah busana yang dikenakan oleh orang-orang ternama seperti artis papan atas, penyanyi terkenal bukan juga busana yang dikenakan pejabat-pejabat tinggi. Melainkan busana Indah adalah busana yang mampu menutupi aurat seorang muslim dan tidak menyebabkan ketertarikan (syahwat) lawan jenisnya, tentunya nyaman dipakai, suci pula barangnya. Tak pandang mewah, sederhana asalkan memenuhi syarat (tidak bertentangan dengan hukum agama Islam) dapat dikategorikan sebagai busana terindah sepanjang zaman. Apa lagi jika pemakainya adalah seorang muslimah, dengan julukan wanita sholihah tentu sangat sempurna. Yang mana ia begitu disanjung dunia bahkan menjadi perhiasan dunia.

Begitu anggun tatkala dipandang. Terlambaikan angin,

Melambangkan kekokohan jiwa sejati.

Tampak indah dengan warna yang serasi.

 

Baca Juga:  Mutiara Cinta

By: Yuliana, Kelas XII c, Santri Putri Fatihul Ulum Manggisan

Leave a Reply