Ingatlah Jasa Orang Tuamu

Manggisan.org – Ingatlah jasa orang tuamu

Bagi semua yang merasa masih mempunyai orang tua. Ingatlah jasa orang tuamu, kalian angan-angankan saja seandainya orang tua kalian tidak mengasihimu dan menyayangimu, aku yakin kalian tidak akan sebesar ini. Karena jasa anak kepada orang tua tidak bisa melebihi jasa orang tua kepada anak. Dibawah iniĀ  saya tulis sedikit tentang jasa orang tua kepada anak.

Pertama, Orang tua merawat anak mulai bayi sampai menjadi dewasa. Orang tua tidak mengharapkan imbalan apa-apa, yang dia harapkan Cuma kesuksesan anak. Tapi anak merawat orang tua mengharapkan warisan orang tua. Orang tua merawat anak yang di tunggu-tunggu kebesaran anak (kehidupan anak) tapi anak merawat orang tua yang di tunggu-tunggu kematian orang tua

. Ingatlah jasa orang tuamu

Kedua, orang tua memandikan anak mulai bayi sampai besar, dia lakukan setiap hari, sedangkan anak memandikan orang tua Cuma satu kali seumur hidupnya, yaitu ketika orang tua sudah menjadi jenazah.

Ketiga, orang tua menyekolahkan anak mulai dari bangku sekolah dasar sampai bangku sarjana. Dia lakukan hanya untuk masa depan anak. Dikala si anak sudah menjadi orang yang sukses, orang tua hanya bangga dan Cuma bisa bercerita kepada sanak familinya kalau anaknya sukses. Sedangkan yang bisa merasakan hasil buahnya adalah istri si anak.

Di atas itu adalah fakta yang sering terjadi di sekitar kita. Jadi bagi semuanya yang masih mempunyai orang tua, Berbaktilah kalian semua kepada orang tua kalian sebelum orang tua kalian meninggalkan kalian untuk selama-lamanya. Kalau saya ibaratkan dengan anggota tubuh orang tua adalah mata, sedangkan anak adalah kaki. Disaat terkena paku, mata ikut meneteskan air mata, tapi saat mata terkena sesuatu yang menyakitkan pada mata, kaki tidak ikut merasakannya. Itulah orang tua dan anak. Saat anak sedih, orang tua ikut sedih, tapi saat orang tua sedih, anak biasa-biasa saja.

Baca Juga:  Menggapai cita-cita

 

By: Ach. Irfan Yakin, Bilik Khowarizmi, Santri Fatihul Ulum Manggisan.

Leave a Reply