Jasmani dan Dunia (Ibnu Qayyim Al-Jauziyah)

Manggisan.org – Renungan ibnu Qayyim Al-jauziyah kini beralih pada syahwat dunia. Betapa sangat banyak jeratan-jeratan yang dapat menjerumuskan manusia pada kecintaan dunia yang dapat menjerumuskan. Oleh karenanya menurut beliau, manusia hendaklah memperkuat akal sehatnya dari pada watak pribadinya agar bisa mengendalikan dan selamat. Karena jika tidak, maka manusia akan dikalahkan dan celakalah dia.

Beliau juga melihat bahwa telah banyak budak-budak dunia yang menjadi mabuk dengan perhiasan-perhiasan dunia; harta, tahta, wanita. Yang mengakibatkan padamnya api semangat mereka untuk berbuat kebaikan. Padahal tak ada yang lebih cepat merusak dari pada cinta berlebihan akan perhiasan dunia. Manusia itu memiliki kecenderungan pada hal hal yang cantik sehingga gejolak nafsu syahwatnya melonjak hingga pada taraf batas kewajaran. Dan disaat itulah manusia akan rawan pada pengendalian dirinya.jasmani dan dunia (ibnu Qayyim Al Jauziyah)

Selain kalau mereka tidak mendapatkan apa yang membuat dia bergairah, gairahnya pun menjadi turun. Dia tidak bisa mengeluarkan apa yang seharusnya tersalurkan.

Seperti halnya akibat dari terlalu banyak makan yang biasanya akan membuat seseorang melakukan hal-hal yang menyimpang. Begitu pula makan yang terlalu sedikit akan berdampak kurang baik bagi yang bersangkutan.

Melakukan ditengah-tengah antara terlalu kenyang atau terlalu laparlah tindakan yang paling baik menurut ibnu jauzi. Berlebihan tidak kurangpun jangan. Karena dunia yang menjadi arena ujian dan cobaan bagi manusia, maka hendaklah manusia mengedepankan akal sehatnya. Barang siapa yang menyerah pada hawa nafsunya maka bersiaplah dia dalam posisi yang mudah celaka, baik yang berhubungan dengan kesehatan badannya dan hubungan keduniawiannya. Berikutnya, perbandingkanlah dengan hal-hal yang bersifat akhirat.

Di Tulis Ulang dari ‘shaidul khatir’ Ibnu Qayyim Al-Jauziyah dalam judul JASMANI dan Dunia (Ibnu Qayyim Al-Jauziyah).

Oleh: Santri Fatihul Ulum Manggisan.

Leave a Reply