Patuh Pada Orangtua

Manggisan.org – Orang tua adalah salah satu penyebab adanya kita semua, maka patuh itu menjadi keharusan bagi kita. Mematuhi orang tua adalah salah satu hal tersulit yang harus dilakukan saat remaja. Hal ini adalah saat yang diinginkan untuk menyebarkan sayap dan melakukan sesuatu. Kita menginginkan kemerdekaan, dan kita ingin membuktikan bahwa kita bisa menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab. Namun masih ada tingkat kebutuhan orang tua untuk membimbing kita selama ini, dan masih banyak yang dapat kita pelajari dari mereka saat kita masih remaja.Patuh pada Orangtua

Mematuhi Orangtua Untuk Memimpin Kebijaksanaan

Ada saat ketika menaati orang tua bisa jadi sangat sulit.

Kita semua berpikir cukup tahu untuk membuat keputusan sendiri. Tapi apakah kita bersungguh-sungguh? Tuhan mengingatkan kita bahwasanya orang bodoh yang tidak berusaha untuk menjadi lebih disiplin dan bijaksana. Orang terpenting dalam hidup kita adalah orang tua. Mereka bisa menjadi pemandu terbesar yang kita miliki dalam hidup ini, dan mereka dapat menuntun kita di jalan yang Tuhan miliki untuk kita … jika kita membiarkan mereka. Bagi sebagian besar dari kita, orang tua menawarkan nasihat dan disiplin karena cinta, dan kita akan melakukannya dengan baik untuk mendengarkan dan belajar dari apa yang mereka katakan.

Ketaatan Akan Membawa Lebih Dekat kepada Tuhan

Tuhan adalah segalanya. kita harus menaati Tuhan. Jika kita tidak bisa mematuhi orang tua kita di dunia ini, bagaimana kita mematuhi yang surgawi? Kesetiaan keluar dari ketaatan kepada Tuhan. Sewaktu kita belajar menaati, kita belajar menjadi bijak dalam membuat keputusan dalam hidup kita.

Sewaktu kita belajar untuk taat, kita belajar membuka mata dan telinga kita terhadap rencana Allah bagi kita. Ketaatan adalah langkah pertama dalam menjalani kehidupan. Ini akan membantu untuk memberikan kita kekuatan dalam iman kita dan kemampuan untuk mengatasi godaan yang bisa menyesatkan.

Mematuhi itu sulit

Namun tidak ada yang mengatakan menaati orang tua itu mudah.

Terkadang rasanya seperti orang tua kita berasal dari seluruh dunia lain. Tentu, mereka berasal dari generasi yang berbeda, dan kita mungkin tidak selalu mengerti alasan mereka. Namun, kita juga tidak mengerti Tuhan, tapi kita tahu bahwa apa yang Tuhan lakukan adalah untuk kebaikan kita sendiri. Dalam kasus orang tua kita, begitulah juga. Kita perlu menyadari, bahwa akan ada jebakan dalam mematuhi orang tua kita, dan akan ada saat dimana ketaatan menjadi begitu sulit. Namun ketaatan membutuhkan kerja.

Tips untuk Mematuhi Orang Tua:

1. Mendengarkan. Salah satu cara termudah untuk belajar dari orang tua adalah dengan mendengarkan apa yang mereka katakan. Memang sulit untuk mematuhi orang tua saat kita tidak sungguh-sungguh mendengar apa yang mereka katakan. kita akan takjub dengan apa yang akan kita dengar saat kita meluangkan waktu untuk menyerap apa yang orang tua katakan kepada kita.

2. Menunjukan rasa menghargai. Tidak ada yang membuat frustrasi saat orang tua berbicara dengan bijak dan tegas. kita mungkin tidak setuju dengan keputusan orang tua kita, tapi menaati orang tua dimulai dengan menunjukkan rasa hormat kepada mereka. Tidak masalah ketika kita mau mengajukan pertanyaan atau meminta klarifikasi mengenai peraturan atau sesuatu yang tidak kita setujui, namun perlu kita ingat melakukannya dengan cara yang hormat. Jika kita hanya mendorong dan berteriak dan berteriak, tidak mungkin orang tua kita mau mendengar kesusahan kita. Rasa tidak hormat akan menempatkan kita pada kesengsaraan di dunia.

3. Sabarlah. Sangat mudah untuk segera melompat ke orang tua saat tidak setuju dengan mereka. Ini juga mudah untuk menyimpan dendam saat mereka salah. Namun, orang tua kita adalah manusia seperti kita. Mematuhi orang tua berarti menerima bahwa semua yang mereka lakukan tidak sempurna. Mereka juga membuat kesalahan, sama seperti kita. Jadi, bersabarlah saat mereka tidak melakukan hal yang benar, dan ketahuilah bahwa kita bisa belajar sama seperti kesalahan mereka sendiri.

4. Menyampaikan. Komunikasi adalah kunci untuk memiliki hubungan baik dengan orang tua kita. Bila kita berkomunikasi dengan mereka tentang apa yang terjadi dalam hidup kita, kita akan mengerti bahwa mereka akan menerima bahwa kita menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab. Mintalah nasihat kepadanya, bicaralah dengan mereka tentang sekolah/pendidikan … setiap keinginan remaja untuk menjadi pribadi, dan beberapa privasi dapat dimengerti, tapi ketahuilah bahwa bila kita tidak mengkomunikasikannya akan menimbulkan kecurigaan/kesusahan. Cara yang baik untuk mematuhi orang tua yaitu dengan berbicara dengan mereka tentang berbagai hal. Sungguh menakjubkan betapa banyak komunikasi yang akan menjadi kunci bagi kita untuk bergaul dengan mereka juga.

By: Santri Fatihul Ulum Manggisan.

Leave a Reply