Pemenang Resensi Buku

Manggisan.org – RESENSI BUKU (ALLAH, Izinkan Aku Nyantri)

Oleh : Yuliana *)
Judul : Allah, Izinkan Aku Nyantri
Penulis : Safii, dkk.
Penerbit : Malkas Media
Cetakan : Pertama, Oktober 2016
Tebal : 154 Halaman

Dalam buku ini, Safii, dkk. menyajikan kumpulan cerpen motivasi penuh makna kehidupan. Buku ini, sebagian besar memuat konflik nyata penulisnya; santri PP Fatihul Ulum Manggisan. Penggunaan bahasanya sederhana dan mudah dipahami. Para penulis menuangkan pengalaman hidup masing-masing, seperti asal mula hidup di pesantren hingga kiat-kiat sukses bertahan didalamnya dalam rangka menuntut ilmu.Pemenang Resensi Buku

Banyak faktor menjadi penyebab kesuksesan seorang santri. Dari total 154 halaman, terdapat 5 bagian yang disajikan dalam buku ini; bagian pertama, tentang ibu, bagian kedua tentang ayah, bagian ketiga, tentang guru, bagian keempat, tentang teman dekat, dan bagian kelima tentang diri sendiri. Semua isinya sebagai motivasi bagi santri agar betah di pesantren. Tiap bagian memuat hal-hal yang bermanfaat bagi kehidupan, tidak hanya bagi segenap santri, melainkan seluruh pembaca dihantarkan agar dapat merasakan dunia santri.

Bagian pertama mengulas tentang seorang ibu yang menjadi surga bagi anak-anaknya. Perannya begitu besar dalam memotivasi. Kehangatan dan kasih sayangnya dapat menciptakan semangat dalam perjuangan. Tak heran jika dalam bagian pertama ini seorang ibu menjadi alasan yang kuat bagi anaknya yang nyantri untuk bertahan di pesantren.

Bagian kedua, mengulas tentang kesuksesan santri pelajar bertahan di pesantren karena motivasi sang ayah. Ayah tak kalah peran dalam pendidikan anak. Perselisihan dalam keluarga tak akan berujung jika tidak ada keputusan dari seorang hakim, dalam hal ini ayah. Orang tua yang selalu ada, menjadi tempat bernaung bagi seorang anak untuk membangun keberanian dan ketegaran jiwa untuk bertahan di pesantren.

Baca Juga:  pondok fatihul ulum

Bagian ketiga mengulas peran guru. Mereka menjadi penyemangat belajar bagi murid-muridnya. Menjadi teladan yang bisa dibuat bercermin. Dengan sikap kesabaran, mereka tuangkan ilmu pengetahuan. Kasih sayangnya membentuk jiwa anak didik menjadi pribadi yang kaya secara intelektual dan mengantarkan santri sukses dalam studinya.

Bagian keempat mengulas teman dekat. Teman dekat mempunyai pengaruh terhadap sahabatnya. Seorang santri akan betah di pesantren jika mempunyai sahabat yang saling menghargai, menyayangi dan berbagi satu sama lain. Sahabat yang baik bisa mengurangi beban menjadi lebih ringan, hati menjadi tenang.
Bagian kelima yang menjadi bagian terakhir buku ini mengulas cara pandang terhadap diri-sendiri. Hal ini identik dengan kepribadian. Pola pikir seorang santri pelajar dapat memotivasi diri sendiri untuk sukses menjadi santri.

Secara umum, terbitnya buku ini bisa menjadi alternatif yang baik dan mudah dicerna dalam membangun jiwa santri. Persembahan dan harapan penulis bahwa buku ini untuk meningkatkan semangat bersastra dikalangan santri, khususnya santri Pesantren Fatihul Ulum Manggisan Tanggul, mulai terasa menuai hasil.

Disamping kelebihan-kelebihan diatas, masih banyak sisi-sisi yang memerlukan peningkatan dan pembenahan karya. Setiap bagian hanya terdiri dari beberapa cerpen saja, jika lebih banyak tentu akan lebih memuaskan pembacanya. Cerpennya banyak yang terlalu singkat, sehingga ketika membacanya tiba-tiba saja selesai, padahal hati masih penasaran. Sinopsis cerpen yang ada di sampul bagian belakang kurang menggambarkan isi buku secara keseluruhan. Covernya menarik tapi kurang pas dengan tema. Alangkah lebih pasnya jika gambar sampul menampilkan sosok santriwan atau santriwati, bukan sosok orang yang sudah dewasa. Karena, buku ini membahas perjuangan para santri dan memetik hikmah dari kisah kehidupan mereka.

Baca Juga:  Mengapa aku malas belajar?

Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, buku Allah, Izinkan Aku Nyantri ini layak dimiliki dan dibaca oleh para pejuang ilmu yang sedang mengalami perasaan tidak betah di pesantren. Para wali santri juga akan memetik hikmah jika turut membacanya. Buku ini bisa didapatkan di kopontren Fatihul Ulum Manggisan dengan harga yang tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam.

*)Lulusan MA Fatihul Ulum Al Mahfudz 2017

By: Santri Fatihul Ulum Manggisan.

Leave a Reply