Ayo bangkit dari kegagalan

Manggisan.org – Pagi hari sudah tiba, burung pun mulai melakukan aktifitas nya untuk mencari makan begitu pun dengan rumput yang hijau mulai menghirup udara segar juga vitamin dari sinar matahari.

Sejatinya kehidupan ini harus kita nikmati dengan penuh rasa semangat. dalam kehidupan kita dituntut untuk berjuang. Dari kehidupanlah kita bisa belajar berbagai hal dengan indra yang kita miliki seperti melihat, mendengar serta mengamati setiap tanda-tanda kebesaran Tuhan.

Betul, kehidupan ini tidak selalu sejalan dengan keinginan kita. kita inginkan bahagia, nyatanya berbagai kesedihan yang kerap kali menjumpai kita. Inginnya kita berhasil, nyatanya berbagai kegagalan yang seringkali menghampiri. Pada saat demikian seakan akan dunia tidak berpihak sebagaimana mestinya. Tidak jarang, kegagalan itu memaksa kita mau berhenti kemudian menyerah karena terlampau lelah.ayo bangkit dari kegagalan

Terkadang, Tuhan pun menempatkan kita dalam posisi sulit sehingga kita bisa memilih: maju untuk bertahan namun terluka atau mundur untuk berhenti kemudian tertatih. Kedua-dua harus kita pilih salah satunya yang mana kita harus siap menerima resikonya, karena begitulah hidup. Kehidupan selalu memberikan pilihan yang akhirnya beresiko. Berhasil atau gagal itu tergantung bagaimana kita menilainya.

Oleh karena itu, ketika kita merasa gagal berkali-kali dalam memperjuangkan sesuatu, berhentilah untuk kata menyerah. Ayo, bangun dan bangkit lagi !

dalam kesempatan kali ini, saya memberikan sedikit tips untuk membangun semangat untuk bangkit dari kegagalan yang seharusnya kita hilangkan, sebagai berikut:

  1. Beri waktu untuk beristirahat.

    berusaha sangat keras sudah kita lakukan, sudah melakukan segala cara, tidak ada yang membuat rugi saat berhenti sejenak, mendinginkan segala hal yang memenuhi kepala akan sangat bermanfaat untuk menyegarkan otak. Dengan begitu kamu akan bisa melangkah ke depan, bukan ke belakang

  2. Berdo’alah kepada Tuhan

    kita harus sadar bahwa ini hanya sebagian kacil dari skenario tuhan. mintalah kepada tuhan agar langkah kedepan kita untuk lebih baik. karena tidak ada lagi harapan selain berdo’a kepada tuhan.

  3. Berpikirlah Positif

    Terkadang berpikir positif adalah satu-satunya cara yang bisa dilakukan saat dalam keadaan gagal atau terjatuh. Tuhan memberikan kita otak untuk berpikir positif. dan pikiran-pikiran positif itu bisa mengubah mindset kamu tentang kegagalan. Dengan begini kita akan tahu apa yang selanjutnya harus kita lakukan.

  4. Bersyukurlah

    Saat bisa mensyukuri hal sekecil apapun problem dalam hidup, kita akan lebih mampu menerima diri. Bukan karena banyak orang di luar sana yang bernasib lebih buruk dari kita, tapi lebih karena kamu percaya bahwa kita akan mampu melakukan suatu hal yang lebih baik dari sebelumnya.

  5. Percaya bahwa kegagalan itu akan membuat lebih tangguh dari sebelumnya

    Jika kita cerdas, kita akan bisa mengelola emosi dengan baik, merasa gagal adalah sebuah emosi negatif yang harus segera kita sadari. Jika sudah disadari, kita akan percaya bahwa kegagalan ini akan membuat kita menjadi pribadi lebih kuat dari sebelumnya.

  6. Setiap hari adalah baru

    Siang berganti malam, bumi berputar, hari berganti. kita perlu percaya bahwa kita selalu dapat melakukan hal baru setiap harinya, tidak ada yang melarang kita, masa depan masih baru dan mau menjadi apa diri kita adalah tanggung jawab diri kita sendiri.

  7. Memaafkan

    Memaafkan orang yang pernah kita sakiti. terutama adalah memaafkan diri sendiri. Rasa bersalah kita karena kegagalan akan hilang ketika kita mau memaafkan.

  8. Melepaskan

    Melepaskan segala sesuatu yang tidak bisa dikendalikan, bukan dalam arti kata melepaskan tujuan awal, tapi lebih kepada mengikhlaskan pengalaman buruk yang selalu datang di kepala kita. Kita harus percaya bahwa sekarang kita selalu berhak untuk mengganti pengalam buruk menjadi pengalaman yang lebih menyenangkan.So, kalau kita menghadapi kegagalan, jangan bertele-tele dalam kesedihan dan menyalahkan diri sendiri ya! Ayo bangkit dari kegagalan! kita pasti bisa kok. Tetap semangat meraih impian.

    By: Santri Putra Fatihul Ulum Manggisan

Leave a Reply