Keajaiban Air

Air Sumber Kehidupan

Manggisan.org- Salah satu anugerah besar yang diberikan Allah kepada makhluknya adalah air. Setiap makhluk hidup tidak dapat hidup tanpa air. Seperti manusia yang 70% tubuhnya terdiri dari cairan, sangat memerlukan air. Allah berfirman yang artinya, ‘Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup.’ (QS. Al Anbiya: 30)

Semua reaksi kimia dalam kehidupan memerlukan air, sehingga kekurangan air lebih cepat membunuh daripada kekurangan nutrisi lain. Kita hanya dapat bertahan hidup beberapa hari tanpa air dan bisa hidup lebih lama jika tanpa zat gizi lain.

 

Kenyataan tentang Air

Hasil penelitian ilmuwan Jepang, Dr. Emoto, menyimpulkan bahwa air ternyata memiliki kehidupan, air memiliki perasaan. Air bisa memberikan respon positif dan atau negatif kepada manusia. Air bisa merespon kata-kata yang diucapkan didekatnya. Jika kita mengucapkan kata-kata yang baik, misalnya kata cinta dan sayang, maka air membentuk kristal yang heksagonal, indah dan lembut. Begitu juga sebaliknya, jika kita mengucapkan kata-kata kotor didekat air, maka akan terbentuk kristal yang jelek dan kasar.keajaiban air

Dari hasil penelitian diatas, kita bisa berpikir sejenak dan membayangkan bagaimana indahnya jika kita membacakan ayat-ayat Alquran didekat air. Itulah sebabnya mengapa dalam Islam kita diatur bersikap baik terhadap air. Ketika hendak meminumnya, kita masih disunnahkan membaca Basmalah sebagian menjelaskan agar ditambah bacaan Sholawat. Tujuannya adalah agar air yang masuk kedalam tubuh kita bisa bermanfaat dengan baik. Air heksagonal, sebagaimana disebutkan sebelumnya, berfungsi melunturkan racun-racun yang ada dalam tubuh. Karena dia mampu masuk ke sel-sel tubuh membawa nutrisi makanan dan mengambil racun-racun untuk dikeluarkan melalui kotoran atau keringat.

Manfaat Air Bagi Kehidupan

Baca Juga:  Kisah Seorang Janda

Pertama, minum air dalam jumlah yang cukup, delapan gelas sehari, membuat metabolisme tubuh dapat bekerja maksimal, sehingga memicu peningkatan kesehatan kita. Jika air yang kita minum kurang, sementara tubuh membutuhkan berlangsungnya metabolisme, maka tubuh akan menyedot air dari organ tubuh sendiri. Akbatnya, darah menjadi kental dan dapat mengganggu kesehatan karena aliran darah kurang lancar.

Kedua, menkonsumsi air sebelum, selama, dan setelah kita beraktifitas bisa menurunkan kejang otot dan kelelahan

Ketiga, keringat adalah mekanisme alamiah untuk mengendalikan suhu tubuh. Agar bisa berkeringat, tubuh memerlukan cukup banyak air

Keempat, waktu dehidrasi atau kurang minum, kita merasa lapar dan memerlukan makanan, padahal yang kita butuhkan adalah minuman. Dengan minum perasaan lapar akan hilang dan terhindar dari makan berlebih.

Kelima, ini penting untuk santriwati, dengan minum cukup air bisa membentuk kulit tetap kenyal dan kencang serta mengurangi garis-garis dan kerut pada wajah karena kelembaban kutil terkontrol.

Keenam, mandi air dingin diwaktu pagi dapat meningkatkan produksi hormon estrogen yang otomatis meningkatkan kesuburan wanita.

Mengingat cukup minum banyak manfaatnya bagi tubuh kita, mulai sekarang jangan malas minum. Sediakan air didekat kita agar ketika dibutuhkan bisa segera meminumnya. Dan yang sangat penting juga, air yang kita minum adalah yang bersih dan baik yang telah disebut kalimat Basmalah dan sholawat  didekatnya serta diminum dengan posisi duduk.

Catatan:

yang dimaksud air dalam artikel ini adalah air tawar, bukan air rasa-rasa.

 

Oleh: Ima Safii

 

Leave a Reply