Berfikir Positif Dalam Segala Hal

Manggisan.org – Berfikir Positif Dalam Segala Hal

Positif ? Memang sesuatu yang harus kita lakukan setiap hari bagi kehidupan kita karena kemungkinan besar akan menghasilkan sesuatu yang positif juga nantinya, dan orang yang bersikap positif bukan berarti telah menjamin tercapainya suatu keberhasilan. Namun bila kita bersikap positif, setidaknya kita sudah berada di jalan menuju sebuah kesuksesan. Sukses dan tidaknya nanti kita tentukan oleh seberapa kita berusaha untuk bisa menuju sukses.

Ketika kita bicara tentang kata positif, kita akan tertuju pada orang-orang yang telah sukses di dalam bidangnya, kita akan merasa ingin seperti mereka karena mereka selalu memandang atau berfikir positif, mereka akan bisa menghadapi segala kendala yang merintangi, seberat apapun yang akan di hadapinya. Kebanyakan orang yang menuntut ilmu dan yang berusaha meningkatkan diri pasti sudah tahu bahwa hidup akan lebih mudah bila kita selalu berfikir positif untuk segala hal. Tapi bagaimana melatih diri kita agar supaya kita dapat menerapkan pikiran positif tersebut ada dalam kepala kita setiap saat dan itu mungkin tidak di ketahui oleh semua orang.Berfikir Positif Dalam Segala Hal

Menurut Hannie K. Wardhanie dalam tulisannya mengatakan bahwa setiap orang yang mempunyai pikiran positif itu ada 10 hal yaitu:

  1. Melihat masalah sebagai tantangan.
    Biasanya seseorang ketika mendapat suatu masalah yang pelik, pastinya bahwa dia menganggap itu adalah suatu cobaan hidup yang sangat berat tak banyak dari mereka berakibat stres dan depresi berat.
  2. Menikmati hidup dengan penuh semangat.
    Seseorang yang selalu berfikir positif akan menerima keadaan hidupnya dengan rasa syukur dan besar hati walaupun dia mempunyai sebuah impian yang mungkin masih belum tercapai.
  3. Pikiran terbuka menerima kritik, saran dan ide.
    Dengan adannya dukungan dan masukan dari luar,seseorang akan menemukan hal-hal baru yang belum pernah dia temui dan itu bisa membuat segalanya akan jadi lebih baik dari sebelumnya.
  4. Membuang jauh-jauh segala hal yang berbau negative dalam hati dan pikiran.
    Pada umumnya orang selalu menyimpan pikiran negative dalam pikiranya dan itu malah membuat suatu masalah baru dalam menjalani hal-hal berikutnya.
  5. Mensyukuri apa yang dimilikinya.
    Bukan berarti kita selalu berkeluh kesah dengan keterbatasan diri kita melainkan menyelaraskan hidup kita dengan tuhan maha pencipta.
  6. Tidak mendengarkan gosip yang tak menentu.
    orang yang hobi menggosip itu selalu pikirannya penuh dengan aroma negative, karena kabanyakan suatu yang di bicarakan adalah hal negative dari orang lain dan itu menghambat pola pikir.
  7. Tidak bikin alasan tapi langsung melakukan tindakan.
    kita pernah mendengar plesetan NATO alisan No Actions, Talk Only. Tidak berlaku bagi orang yang selalu positif.
  8. Mempergunakan Bahasa yang positif, tidak under estimate.
    segalanya dilakukan dengan penuh percaya diri dan optimis.
  9. Menggunakan Bahasa tubuh yang positif.
    Diantaranya adalah senyum, berjalan dengan langkah tegap, ekspresif, berbicara dengan intonasi yang bersahabat.
  10. Peduli pada citra diri.
    Berusaha tampil baik bukan hanya di luar tapi juga didalam. Pemikiran positif dapat diartikan sebagai suatu sikap mental yang mengembangkan pertumbuhan, pengembangan dan keberhasilan dalam kehidupan.
Baca Juga:  Supaya Nafsu Sabar Menempuh Ketaatan

 

Disaat kita memiliki pola pikir positif, kita mengharapkan yang terbaik dalam hidup ini dan kedewasaan dalam mengatur waktu, ini yang akan kita terima. Bahkan ketika sesuatu hal tidak terpikirkan, kita bisa belajar dalam mengetahui serta setuju dengan situasi dan mencari pengalaman untuk belajar.

Jadi, jadikan hidupmu selalu berpositif dalam segala hal dan beroptimisme lah dalam melakukan segala hal.

“Be Positive Thinking dan do what you want to do positively”

By: Santri Fatihul Ulum Manggisan

Leave a Reply