Saat Emosi

Saat EmosiManggisan.org fatihul ulum- hamper tiap dari kita merasakan saat dimana sesuatunya berjalan tidak sesuai dengan rencana. Yang membuat kita menjadi terjebak menjadi emosi dan selama seharian itu kalau tidak berhasil diredam maka akan tambah mengacaukan pada kerja kita yang lainnya. Di hari itu.

Maka untuk itulah diperlukan cara-cara untuk meredam emosi yang kurang baik itu, agar tidak malah justru membayakan kita  seharian. Sebab kalau sudah emosi yang mengambil kendali maka keputusan-keputusan yang hendak di ambil di hari itu bisa salah semua, karena dalam pengambilan keputusan ‘ketenangan’ mutlak diperlukan. Hingga ada kata bijak ’hakim dilarang memutuskan perkara, ketika dirinya dalam keadaan marah’.

Dilansir dari beberapa sumber: cobalah beberapa trik dibawah ini, in sya’a Allah akan mengurangi keadaan yang spertinya kurang enak di hari itu.

  1. Bernafas dalam-dalam

Bernafaslah dengan tenang dan dalam, akan cukup membantu keadaan psikologi anda, perhatikan bagaimana orang yang panic, bukankah nafasnya menjadi cepat dan pendek-pendek yang menyebabkan jantung berdetak menjadi lebih cepat. Coba saat keadaan sperti itu ritme nafas di ganti dengan dalam-dalam dan tenang. Maka dalam beberapa saat kemudian ritme jantung akan mengalami penurunan dengan ritme yang normal.

  1. Bergerak

Cobalah melakukan gerakan tubuh. Entah itu mengambil air wudu’ (ini lebih recommended) pergi dalam salah satu sudut ruangan atau sekedar pergi kekamar kecil itu bisa menurunkan intensitas kemarahan kita. Jadi saat anda memilih diam tidak bergerak ketika emosi justru keadaan ini akan terasa menjadi lebih buruk, karena malah dipaksa untuk focus pada masalahnya, saat itu.

  1. Lakukan kebaikan

Ya lakukan kebaikan disekitaran dengan sadar, artinya berniatlah untuk melakukan kebaikan pada orang-orang atau sesuatu disekitaran. Dan lakukan dengan ‘niat’ sadar. Kadang kebaikan yang diniatkan baik sekecil apapun bisa membuat keadaan menjadi lebih baik. Bisa dengan menyapa teman sekitar dengan tulus dan senyum ramah. Yang akhirnya membuat mereka bahagia, maka kebahagian itu memicu juga kepada kebahagian anda. Bisa pula dengan membawakan minuman ringan ringan pada teman.

Baca Juga:  Bangkit-nya Intelektual Sarungan

Seberat apapun pasti akan ada saja yang bisa disyukuri, carilah dan fokuslah untuk mencari hal itu. Memang awalnya sepertinya berat dan rasanya tak ada. Tapi dengan focus pada apa-apa yang patut disyukuri, maka tak lama kemudian akan ada saja hal atau keadaan yang bisa membuat kita bersyukur. Mungkin kesehatan, mungkin saja makanan. berbagai hal bisa menjadi sesuatu yang patut untuk disyukuri.

 

By : pengweb www.manggisan.org Tanggul

Leave a Reply